APAKAH PASTI SEMBUH DAN BERAPA SESI?

Banyak sekali klien yang bertanya, apakah masalahnya “pasti” bisa disembuhkan dengan hipnoterapi dan berapa sesi yang dibutuhkan?

Pembaca yang bijaksana, Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya tentang prosedur terapi, bahwa hipnoterapi adalah kontrak upaya bukan kontrak hasil, yang artinya Hipnoterapis berupaya semaksimal mungkin dengan tehnik terapi yang dikuasainya untuk membantu klien sembuh atau berubah kearah yang lebih baik. Hipnoterapis professional tidak seharusnya mengatakan “pasti sembuh” kepada klien karena Hipnoterapis bukan Tuhan yang bisa menggaransi kesembuhan klien, walaupun dari pengalaman saya membantu banyak klien selama ini tingkat kesembuhannya cukup tinggi tetap saja saya tidak boleh mengatakan pasti sembuh. Kalau ada hipnoterapis yang memastikan atau menggaranti anda “pasti” sembuh berarti anda harus berfikir ulang untuk terapi.

Hipnoterapi sudah terbukti secara ilmiah mampu mengatasi masalah yang berhubungan dengan pikiran dan emosi. Berdasarkan pengalaman saya menangani banyak klien selama ini, akar permasalahan klien adalah pikirannya dalam hal ini adalah pikiran bawah sadar (PBS). PBS inilah yang memunculkan emosi dan simtom tertentu yang mengganggu. (baca : penyakit psikosomatis). Bahkan di Amerika hipnoterapi dikelompokan kedalam salah satu cabang ilmu psikilogi.  

Kesembuhan klien tidak tergantung dari si hipnoterapisnya saja tetapi peran klien pun sangat penting dalam hal ini. Saya ibaratkan anda pergi ke seorang dokter katakanlah dokter ini adalah dokter specialis, saat anda bertemu dokter ini anda di diagnosa menderita kanker kemudian anda bertanya apakah dokter bisa menyembuhkan penyakit anda? Jawabannya tergantung, Tidak mungkin dokter itu akan menjawab pasti bisa, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan dan memberi obat tertentu, mungkin juga makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh anda konsumsi. Mengenai nanti anda sembuh atau tidak tergantung dari pola hidup anda sehari-hari, apakah anda mengikuti petunjuk dokter atau tidak dan juga atas ijin Tuhan tentunya. Artinya sehebat apapun dokternya tidak bisa memberikan jaminan kesembuhan. Yang bisa dilakukan dokter adalah berusaha menyembuhkan pasien dengan skil danpengetahuannya. Begitu juga dengan Hipnoterapis yang berusaha membantu klien sembuh atau berubah kearah yang lebih baik.

Untuk berapa sesi yang dibutuhkan, setiap klien memiliki permasalahan yang berbeda-beda, bisa berat, sedang atau masalah biasa (ringan) dan yang perlu diingat pikiran bawah sadar setiap orang berbeda responnya saat terapi berlangsung, semakin mudah pikiran bawah sadar klien berkomunikasi dan bekerjasama dengan hipnoterapis semakin mudah pula terapi dilakukan dan semakin cepat permasalahan klien bisa diatasi. Untuk itu sebagai seorang hipnoterapis profesional tentu saja tidak bisa memastikan berapa sesi yang harus dijalani klien dalam mengatasi masalahnya sebelum klien bertemu dengan hipnoterapisnya. Masalah ringan mungkin hanya membutuhkan 1 sesi terapi. Dalam hal ini ada banyak faktor yang mempengaruhi efektivitas terapi dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat terapi.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi efektifitas terapi yang berimbas pada kesembuhan klien:

  • Kerjasama pikiran bawah sadar klien, yang artinya semua bagian pikiran bawah sadar klien mau bekerjasama untuk kesembuhan diri klien, intinya klien bersedia dan mengijinkan dirinya untuk diterapi.
  • Saat diterapi apakah klien bersungguh-sungguh ingin sembuh atau sekedar coba-coba, kalau hanya sekedar mencoba dan tidak sungguh-sungguh sudah tentu terapi tidak akan efektif.
  • Klien menganalisa jalannya terapi yang artinya klien tidak mengikuti bimbingan hipnoterapis  dan banyak pertanyaan-pertanyaan dalam diri klien saat terapi berlangsung.
  • Takut, rasa takut adalah hal yang wajar bagi seseorang apalagi seringkali kita mendengar hal yang negatif mengenai “Hipnotis”. Hipnoterapis professional akan menjelaskan tentang apa itu hipnoterapi dan bagaimana prosedurnya sebelum melakukan terapi sehingga klien mengerti dan siap untuk diterapi.
  • Tidak yakin dan ragu pada Hipnoterapisnya. Mengapa saya katakan demikian? Apabila diawal klien sudah merasa ragu dengan hipnoterapisnya sudah tentu kerjasama antara hipnoterapis dan pikiran bawah sadar klien kurang bagus. Klien harus percaya dan yakin terhadap hipnoterapis yang dipilih untuk menerapinya sehingga pikiran bawah sadar klien lebih bisa bekerjasama mengatasi masalah klien.
  • Terapi tidak atas kemauan sendiri atau dipaksa orang lain. Seringkali saya menerima telepon dari orangtua yang ingin anaknya diterapi tetapi setelah saya konfirmasi ternyata anak tersebut tidak merasa ada masalah dengan dirinya alias tidak perlu ada yang diterapi, hal ini tentu tidak bisa dipaksakan karena terapi akan sangat tidak efektif.
  • Klien berfikir tentang harga, artinya dengan biaya yang akan dikeluarkan klien merasa bimbang apakah sembuh atau tidak. Pikiran bawah sadar klien tahu bahwa klien sebenarnya masih sayang atau eman mengeluarkan biaya untuk kesembuhan dirinya sendiri.  Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kesembuhan klien.
  • Hipnoterapis tidak menjelaskan tehnik untuk masuk relaksasi yang dalam kepada klien sehingga klien sulit fokus dan tidak rileks, Hipnoterapis profesional akan menjelaskan protokol terapi dan memberikan latihan masuk kondisi relaksasi sebelum terapi, karena kondisi kedalaman relaksasi berpengaruh terhadap efektifitas terapi.

Diatas merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas diterapi, masih banyak factor lain yang tidak saya bahas disini yang menyangkut tehnik terapi dan kedalaman pengalaman seorang hipnoterapis.

Pembaca, untuk sembuh atau terbebas dari masalah, kita harus bersedia membayar harga yaitu: waktu, niat, upaya, perasaan serta biaya materi tentunya. Untuk itu apabila anda merasa ada masalah dalam diri anda dan anda sudah punya niat untuk sembuh atau berubah lakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Karena itu kunci awal dari perubahan hidup kita kearah yang lebih baik.

Semoga tulisan saya kali ini cukup menjawab pertanyaan sahabat-sahabat semua.