RAHASIA MUDAH RELAKSASI

Pembaca yang bijaksana, relaksasi berasal dari kata rileks yang bisa diartikan nyaman, santai, tenang. Sebenarnya kapanpun kita mau kita bisa melakukan relaksasi walaupun mungkin hanya beberapa menit. Relaksasi yang saya maksud disini adalah relaksasi pikiran dan mental. Biasanya apabila pikiran kita sudah rileks badan kita pun akan ikut rileks juga. Pertanyaannya sekarang kenapa kita harus repot-repot melakukan relaksasi? Apa manfaat dari relaksasi?

Relaksasi adalah jalan atau jembatan kita menuju pikiran bawah sadar (baca artikel saya : Cara kerja pikiran bawah sadar) dan dengan kita rutin melakukan relaksasi, efek terhadap tubuh kita pun sangat bagus kita menjadi lebih segar, lebih fit dan lebih sehat. Belum lagi efek untuk pikiran dan mental kita, kita akan lebih tenang, lebih bisa mengendalikan emosi,  dan tentunya apabila ada emosi-emosi mengganggu yang muncul dan berasal dari masa lalu, kita bisa mengenali dan menetralisir emosi tersebut atau melakukan self therapy.

Dari penjelasan saya kepada klien maupun teman saya tentang manfaat relaksasi timbul pertanyaan yang sering saya jumpai, “Kenapa saya ini kok sulit relaksasi ya, pikiran kemana-mana dan tidak bisa rileks?”, “Anda yakin belum rileks”, tanya saya. Sebenarnya untuk mengetahui apakah kita sudah rileks atau belum kita membutuhkan alat yang dinamakan Electroencephalography (EEG) dan alat ini juga digunakan didunia kedokteran. Dengan alat ini kita akan tahu gelombang otak kita turun dari kondisi gelombang beta ke gelombang Alfa turun lagi ke gelombang theta dan turun lagi ke gelombang Delta. (Baca artikel: Apa Itu Gelombang Otak?). Bila gelombang otak kita semakin turun yang terjadi adalah tidur.

Untuk relaksasi, kita cukup berada di alfa atau theta dan rasakan perasaan nyaman yang luar biasa (feel good). dengan anda tutup mata saja anda sudah mulai masuk ke kondisi alfa kemudian anda rasakan atau bayangkan berada di tempat yang anda suka (bisa sambil dengarkan musik yang lembut). Intinya untuk masuk ke kondisi relaksasi mental yang dalam adalah niat dan pasrah, dengan niat dan pasrah kita tidak perlu lagi memikirkan atau bertanya-tanya apakah kita sudah rileks atau belum, hanya EEG yang tahu…. dan diri kita.

Bagaimana anda mau mencoba?